Tuhan adalah Kasih

Keputusanku untuk ikut ke Taman Mini Indonesia Indah adalah keputusan yang tepat bagiku.

Kira-kira pukul 1 siang, bus kami berangkat dari kampus menuju taman mini. Kami (aku dan 2 orang kawanku) berusaha menikmati perjalanan walaupun bus terasa amat sempit (kenyataannya memang begitu). Selama perjalanan, aku menutup kedua telingaku dengan headset dan mendengarkan lagu favoritku belakangan ini, Unfortunate Guy dari penyanyi legendaris korea Kim Kwang Seok. Ah, rasanya seperti sedang syuting drama Wise Prison Life.

Kami tiba pukul 3 sore, dan para fasilitator mengarahkan kami menuju tempat pertama, Gereja Haleluya. Sesampainya di gereja, aku disambut rasa dingin yang berasal dari AC. Bahkan AC di bus kami tak sedingin itu. Kami duduk dan mendengarkan penjelasan dari seorang pendeta. Waktu terasa singkat, karena beberapa menit kemudian kami harus menuju tempat kedua, yaitu Pura Penataran Agung Kertabhumi. Kami diminta melepas alas kaki sebelum masuk. Di sana, kami mendengar penjelasan tentang agama Hindu. Beberapa orang mengajukan pertanyaan, salah satunya aku. Aku mengajukan pertanyaan mengenai konsep reinkarnasi dalam agama hindu, dan karena penjelasannya aku semakin penasaran tentang agama Hindu (aku rasa aku akan mulai mencari tau lebih banyak lagi).

Sayangnya, kami hanya menuju 2 tempat itu saja. Walau singkat, tapi aku mendapat ilmu yang bermanfaat kala itu. Aku dan kawan-kawan rombongan disambut dengan hangat oleh mereka, dan satu hal yang kudapat: Tuhan adalah Kasih. Dan kasih Tuhan terwujud dalam bentuk senyuman ramah yang para pendeta itu berikan pada kami. Walaupun cara kami dalam menyembah Tuhan berbeda, namun kasih Tuhan menyatukan kami.

Dari sini aku merasa, bahwa Indonesia harus terus seperti ini. Saling berbagi kasih dan berbagi cerita walaupun Tuhan kami tak sama. Tuhan itu suci, jadi jangan dirusak dengan kebiadaban yang dilakukan atas nama agama. Tuhan itu kasih, jangan kau penuhi hati dengan rasa benci. Tuhan itu adil, jadi jangan kau bertindak tidak adil kepada sesama manusia.

Akhir kata, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Semoga Tuhan memberkati kita semua. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. Shalom. Om Swastiastu. Namaste. Salam Sejahtera.

Komentar